Daily

My Favorite Indonesian Content Creators

19/04/2016

2016 adalah salah satu tahun gemilang buat para content creator khususnya di ranah video online. Saya mengikuti perkembangan tersebut juga karena tempat saya bekerja saat ini berhubungan dengan para content creator ini. Kebayang nggak setiap hari kerja di kantor saya nontonin banyak video di YouTube setiap harinya? Kalau di luar negeri sebut saja London dan sekitarnya (salah satu negara yang content creatornya banyak saya idolakan) content creator ini mungkin bisa disejajarkan dengan artis papan atas atau mungkin lebih terkenal lagi dari sekadar artis. Subscribers mereka mencapai angka jutaan. Bahkan yang terbesar sosoknya sudah masuk di salah satu spot museum patung lilin Madame Tussauds. Keren nggak?

Nah, di posting kali ini saya mau bahas justru bukan mereka content creator yang sudah mendunia. Tapi justru mereka-mereka content creator dari Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir channel-channel YouTube Indonesia banyak yang lahir dan mulai berkembang dari segi jumlah subscribers, konten, dan juga jumlah viewers. Dari banyak yang tumbuh itu, tentunya hanya beberapa yang menarik buat saya dan saya suka. Langsung aja yuk ke list berikut ini.

1. Tim2One – Chandra Liow

Screen Shot 2016-04-19 at 8.24.18 PM

Source: Tim2One – Chandra Liow YouTube Channel

Chandra Liow adalah salah satu content creator dengan subscribers terbesar di Indonesia. Jumlahnya sekitar lebih dari 400.000 ribu saat ini. Di channel ini sebetulnya Chandra Liow nggak sendiri tapi dibantu dengan teman-temannya yang mereka menamakan dirinya sebagai Tim2One. Dari awal munculnya dulu Chandra sebetulnya memproduksi konten gaming, beatbox, dan kemudian sketsa, lalu beralih ke konten vlog dan juga film pendek serta musik video. Kualitas video jangan ditanya Chandra salah satu yang punya kualitas video yang bagus banget dan juga storytelling dan sinematografi yang ciamik. Chandra Liow yang atraktif banget bikin vlog yang dia upload nggak pernah sepi penonton. Bahkan ketika dia galau aja dia bisa bikin konten yang bagus banget tanpa ada banyak omong. Hanya dengan shot-shot yang dia pakai untuk ceritain kegalauannya itu dalam satu video yang jujur tanpa banyak kata.

2. Arief Muhammad

Screen Shot 2016-04-19 at 8.48.20 PM

Source: YouTube Channel Arief Muhammad

Kalau ngikutin akun @poconggg di Twitter pasti nggak asing deh sama sosok ini. Semenjak awal 2016 ini Arief lagi rajin-rajinnya upload vlog. Yang khas dari konten dalam channelnya arief ini adalah Arief menyuarakan apa yang ingin orang lain suarakan seperti misalnya vlognya tentang postingan di path, sketsa tentang jenis-jenis teman yang nyebelin, bedanya cewek dan cowok saat patah hati. Nah, konten-konten tersebut dia package dalam sebuah video yang bagus dan temanya relate banget dengan kehidupan banyak orang. Selain itu kalau dilihat dari segi konten vlog yang dia rajin upload akhir-akhir ini, Arief menampilkan bukan hanya sekadar kesehariannya tapi sebuah tontonan yang menarik baik dari segi relationship, bisnis, dan info-info lainnya yang bikin betah penonton untuk nungguin videonya sampai habis. Editingnya nggak perlu ditanya bagus banget dan nggak berlebihan. Kalau nonton videonya Arief akan lebih berwarna kalau pas dia lagi berdua sama tunangannya Tipang. Entah kenapa jadi lebih seru aja. Dan satu lagi kenapa vlognya Arief ini bisa engange ke penontonnya? Karena Arief di beberapa episode vlognya mengajak penontonnya untuk ikut berinteraksi. Nggak heran kan jumlah view dan subscribersnya makin hari makin bertambah banyak.

3. Eka Gustiwana

Screen Shot 2016-04-19 at 8.59.39 PM

Source: Eka Gustiwana YouTube Channel

Dewanya speech composing Indonesia. Karyanya Eka selalu jadi sorotan karena dia bisa menggubah satu video yang bentuknya speech jadi sebuah lagu yang kadang lucu dan menggelitik. Sayangnya jadwal upload video Eka suka nggak tentu. Tapi, tetep saya tungguin dan selalu jadi prioritas untuk ditonton setiap ada notifikasi email masuk saat dia posting video.

4. SkinnyIndonesian24

Screen Shot 2016-04-19 at 8.53.06 PM

Source: Skinnyindonesian24 YouTube Channel

Da Lopez bros ini salah satu kreator yang perlu dihighlight juga. Dulu pas semester-semester akhir kuliah saya udah nonton video-video mereka yang mereka bikin rame-rame sama temen-temen mereka. Makin ke sini Dovi Jovi semakin disibukkan dengan project lain seperti film layar lebar yang pasti menyita banyak waktu mereka. Jadi, walau channel mereka masih aktif tapi jeda dari video satu ke video yang baru suka jauh banget. Tapi, tetep kok videonya skinny salah satu yang selalu saya tunggu.

5. Cameo Project

Screen Shot 2016-04-19 at 9.04.20 PM

Source: Cameo Project YouTube Channel

Bicara soal Indonesia channel Cameo Project emang jagonya. Dari mulai sketsa komedi yang khas indonesia dengan segala kelokalannya, konten-konten yang Cameo Project suguhkan juga penuh isi mulai dari issue politik sampai issue sosial yang sensitif. Tapi, semua itu mereka kemas dengan latar pengetahuan dan riset yang mumpuni. Sehingga kontennya lebih berisi. Channel ini salah satu yang lengkap mulai dari musik, sketsa komedi, sampai film pendek. Penggarapan setiap videonya pun dibuat dengan sangat bagus sehingga kualitas video-videonya Cameo nggak diragukan pastinya.

6. RaaneeyΒ (Rani Ramadhany)

Screen Shot 2016-04-19 at 8.12.31 PM

Source: Raaneey YouTube Channel

Cewek berprestasi yang jago main drum ini bikin betah nontonin videonya berulang-ulang. Salah satu video cover drum yang Rani buat pernah dapet sambutan bagus dari Lady gaga loh. Video favorite saya yang ada di channel Rani ini adalah pas Rani duet sama satu drummer cowok yang namanya Handy Salim nge-cover lagu Animal-nya Maroon 5. Entah berapa kali saya tonton videonya. Keren banget! Belum lagi selain dia aktif di YouTube, Rani Β ini adalah salah satu finalis Asia Next Top Model loh.

7. Aulion

aulion-stopmotion

Source: Aulion YouTube Channel

Kalau nonton video Aulion mata kita pasti termanjakan dengan warna-warni yang lucu-lucu. Sebagian besar video yang Aulion buat bentuknya adalah stopmotion. Nah, ini yang bikin kontennya Aulion khas. Bikin satu video stopmotion effortnya pasti luar biasa dan storytellingnya harus banget disusun dengan baik. Selain itu juga kalau nonton beberapa vlognya Aulion yang sebagian besar dia syut di kamarnya yang dia dekot bagus banget dan rapi, bikin pengin punya kamar begitu.

8. Raditya Dika

Screen Shot 2016-04-19 at 8.28.50 PM

Source: Raditya Dika YouTube Channel

Akhir-akhir ini si peraih Gold Play Button pertama di Indonesia ini jadi sering upload video vlognya di YouTube. Banyak yang bilang kalau sudah terkenal mau bikin apa aja pasti laku dan banyak yang tonton. Tapi, menurut saya, Raditya Dika punya khas sendiri di vlognya. Ada informasi yang sungguh berguna dalam vlog yang dia upload. Dia ngejelasin tentang kegiatannya sehari-hari tapi juga ada pelajaran yang bisa di dapetin pas nonton videonya ini. Baik dari segi pembuatan film sampai bagaimana proses development cerita dan skenario film.

9. Agung Hapsah

Screen Shot 2016-04-19 at 8.33.10 PM

Source: Agung Hapsah YouTube Channel

Tinggal di daerah yang cukup jauh dari kota besar nggak membatasi kreator ini untuk membuat konten yang bagus. Di dalam semua videonya Agung yang masih duduk di bangku SMA ini menunjukkan kejujurannya dalam berkarya. Dan itu yang menjadikannya khas. Kalau lihat beberapa review filmnya kamu bisa-bisa kasih standing applause karena analisis dia detil dan memperlihatkan bagaimana anak ini memang cerdas. Cara ngomongnya yang to the point juga bisa jadi salah satu yang membuat Agung Hapsah punya ciri khas.

10. Kittendust

Screen Shot 2016-04-19 at 8.50.24 PM.png

Source: Kittendust YouTube channel

Vlogger cewek dari Indonesia masih bisa sedikit jumlahnya karena kebanyakan konten kreator cewek di sini fokus dengan konten make up dan beauty. Padahal banyak loh yang bisa diexplore oleh mereka lebih dari sekadar ngebahas make-up. Nah, salah satunya yang bisa jadi referensi ini nih, Fathia Izzati, a.k.a Kittendust. Chia, begitu biasa dia disapa, referensi vloggernya dia sebagian besar adalah vlogger luar yang secara konten memang pastinya kuat banget dan engange buat penontonnya. Cewek yang jago banget main ukulele ini mengisi channel YouTube-nya dengan vlog dan cover lagu dengan ukulelenya. Sebagian besar vlognya Chia bawakan dalam bahasa inggris yang fasih sekali. Dan kalau kamu langganan di channelnya Chia, kamu nggak akan nyesel karena setiap video yang chia upload selalu menarik dan original.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply