Book Review

[REVIEW] Emergency Couple: Cinta nggak boleh terburu-buru

05/10/2015

 

Oh Jin Hye – Oh Chang Min

 

Entah sejak kapan trend drama Korea merebak. Saya salah satu yang terkena virusnya. Dulu, saya masih ingat sekali ketika teman saya merekomendasikan drama Full House. Awalnya saya bingung kenapa pada suka sementara Rain nggak begitu ganteng. Setelah nonton beberapa episode barulah saya mengerti kenapa drama itu begitu dicintai banyak orang. Beberapa tahun sebelum Full House saya juga pernah nonton Endless Love, dan drama itu cukup bagus. Ditambah won bin yang main. Jadi semakin tertarik. Hanya saja cerita di Endless Love lebih sedih feelnya sementara di Full House feelnya lebih ceria karena genrenya memang romcom. Anyway dua drama pertama yang bikin saya jatuh cinta itu pemain utama wanitanya adalah Song Hye Kyo yang katanya salah satu cewek paling cantik se-Korea. CMIIW…

Bertahun-tahun terlewati drama Korea semakin menjamur. Saya bukan tipe yang menonton semua judul ketika ada yang baru rilis. Saya pemilih. Dan yang saya pilih untuk ditonton pun adalah drama-drama yang pemain utama cowoknya kece. Hehehe…. Biar melelehnya nggak tanggung-tanggung.

Nah, postingan kali ini adalah salah satu drama yang saya pilih untuk ditonton. Selain karena rekomendasi teman saya, pemain utamanya juga menarik, Choi Jin Hyuk dan Song Ji Hyo. Judul drama berepisode 21 ini adalah Emergency Couple. Dari judulnya saja kita bisa nebak kalo setting drama ini adalah rumah sakit. Tapi, jangan salah biarpun settingnya rumah sakit dan bahkan unit gawat darurat, drama ini sarat akan adegan-adegan romantis dan manis.

Terkisah Oh jin Hye (song ji hyo) dan Oh Chang min (Choi Jin Hyuk) kawin lari saat mereka masih muda tanpa restu orangtua Oh Chang Min. Oh Chang Min yang sebetulnya masih jadi mahasiswa kedokteran akhirnya harus rela berhenti kuliah karena uang dari keluarganya diberhentikan karena dia nekad menikahi Oh Jin Hye. Kehidupan Chang Min dan Jin Hye ternyata jadi sulit setelah mereka menikah. Chang Min cuma jadi sales obat dan Jin Hye harus terima setiap hari dimarahi suaminya sampai dia mengalami stress.

Suatu hari mereka ribut besar hingga akhirnya memutuskan untuk bercerai. Enam tahun kemudian mereka bertemu lagi dan malah jadi teman sekelompok internship di unit gawat darurat. Ternyata setelah mereka berpisah masing- masing menata hidup barunya. Chang min lanjut sekolah kedokteran di Amerika. Sementara Jin Hye pun masuk sekolah kedokteran karena motivasi dia ingin tahu sehebat apa sih dokter itu. Jin hye mau buktiin ke keluarga Chang Min yang semuanya dokter kalau dia juga mampu dan nggak bisa direndahkan gitu aja.

Awalnya memang niat Jin Hye adalah pembuktian diri. Tapi, seiring berjalannya waktu akhirnya dia tau bahwa menjadi dokter bukan sesimpel itu. Ada yang lebih dia dapatkan setelah menjalani internship di instalasi gawat darurat.

Oke, segitu dulu untuk sinopsisnya. Sekarang saya mau menjabarkan kenapa saya suka sama drama ini. Pertama karena settingnya menarik. Drama ini cukup menggambarkan detil kehidupan di instalasi gawat darurat. Yang harus gantian jaga malam dan siap kapanpun pasien datang.

Karakter di drama ini unik semua. Dari mulai tokoh utamanya sampai sampingannya. Jin hye yang meski udah jadi dokter kebiasaannya banyak minum dan mabuk masih tetap ada. Apalagi kalau dia lagi stress karena kelakuan Chang Min. Chang Min yang mesti galak begitu tapi dia tetap perhatian dan dia dokter yang cerdas. Ada juga karakter yang nyebelin banget tapi pada akhirnya keberadaan mereka jadi membantu Chang Min dan Jin Hye balikan. Itu pun selain karakter yang unik adegan yang dibuat juga bagus.

Yang kedua, dari segi cerita memang kebaca happy ending pasti. Tapi yang beda dari drama ini adalah journey antara Chang Min dan Jin Hye yang saling menemukan kembali satu-sama lain. Kalau di drama lainnya biasanya love-hate relationship terjadi dari awal dan di akhirnya baru happy ending. Tapi kalo di drama ini adegan awal justru menunjukkan kalau mereka saling mencintai dan nggak lama jadi saling benci lalu terakhir balikan lagi.

Alasan ketiga saya suka drama ini karena penggambarannya tidak berlebihan. Dan pengadeganannya terlihat natural. Ada satu adegan yang saya suka banget. Adegan awal drama ini saat Chang Min genggam tangan Jin Hye lari menuju gereja dengan pakai baju pengantin lengkap. Di episode-episode terakhir adegan lari itu diulang lagi dalam konteks yang beda. Tapi, yang menyentuh di adegan lari kedua ada monolog Jin hye yang menjawab pertanyaan dari adiknya tentang apa yang bikin Jin hye suka sama Chang Min. Di adegan itu ada VO Jin Hye yang bilang “Ini… ini yang aku suka darinya.” Buat lengkapnya nonton aja deh. Pasti bikin meleleh.


Satu adegan lagi yang melekat dalam benak saya sampai sekarang, yaitu adegan Jin Hye nempelin stetoscope ke dadanya dan masangin tungkai pendengarnya ke telinga Chang Min. Di adegan itu Jin Hye berusaha ngeyakinin Chang Min kalau “Ini loh gue serius kalau debaran jantung gue itu karena ada di deket lo.” Tapi akhirnya Chang Min malah nanggapinnya bercanda.

Terakhir saya suka drama ini karena soundtracknya bagus-bagus. Hehehe…

Sudah panjang saya bahas tentang yang saya suka. Sekarang saya mau jabarin yang nggak saya suka dalam drama ini.


Ya namanya juga drama sebetulnya nggak jauh sama sinetron. Masih ada adegan yang janggal. Salah satunya adalah ada adegan entah Chang Min atau Jin Hye saya lupa, bisa denger percakapan orang lain yang jaraknya cukup jauh.

Yang kedua adalah chemistry chief gook dan Jin Hye nggak keliatan. Maksudnya mungkin pengin digambarin Chief Gook jatuh cinta sa Jin hye. Tapi, saya nggak bisa dat feel itu sepanjang episode. Nggak seperti Yu min yook di Full House yang kelihatan banget suka sama Han Ji Eun. Kan bisa bikin greget pas nonton. Bisa bikin orang ngedukung Chief Gook jadian sama Jin Hye.
Hah… Panjang juga saya berkoar soal Emergency Couple. Sementara ini dulu yang kepikiran. Kalau ada lagi nanti saya tambahin kapan-kapan. Hehehe…

Buat yang belum nonton cobain deh nonton drama ini. Saya pun telat nontonnya karena drama ini udh booming sejak 2014.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply