BTS Holiday Korea series Moment

Napak Tilas Lokasi Syuting di Korea

11/02/2018

Di peralihan musim panas ke gugur tahun 2017 lalu gue dapet kesempatan buat ke Korea, dalam rangka jalan-jalan tentunya. Jalan-jalan yang udah direncanain dari setahun sebelumnya. Beruntungnya gue mendapatkan teman jalan-jalan yang sangat menyenangkan. Sebelumnya kita berencana cuma bertiga pergi ke sana Gue, Uzi, dan Wina. Tapi, 2 bulan terakhir sebelum berangkat kita dapat satu teman lagi Chika, yang juga mau join. Walaupun Chika cuma stay 6 hari sementara kita bertiga stay 10 hari di Seoul. Dari awal gue excited mau ke Korea adalah niatnya mau mengunjungi beberapa tempat yang sering gue lihat di drama-drama Korea yang gue tonton. Gue bukan yang addicted banget tapi gue cukup suka nonton drama yang hype, apalagi yang main Lee Min Ho, Lee Dong Wook, atau aktor lainnya yang gue suka juga.

Nah, jauh hari sebelum kami berangkat, ketika ditanya oleh Uzi, mandatory place yang pengin gue sambangi apa aja, gue selalu jawab pengin banget ke lokasinya Full House, cuma jauh banget pas gue cek di google. Jadi, yaudahlah nggak ngarep-ngarep banget ke sana toh denger-denger juga rumahnya udah nggak terawat. Yaiyalah itu drama udah berapa belas tahun lalu ya kan. Rainnya aja udah punya anak sekarang. Song hye kyonya juga baru nikah tuh Oktober 2017 lalu.

Singkat cerita, yaudah gue ikhlaskan untuk tidak ke Full House daripada udah jauh-jauh dan nggak dapet banyak ya kan. Nggak menyerah sampai di situ, gue lalu bertekad untuk dapat ke lokasi syuting drama lainnya, yakni lokasi syutingnya City Hunter. Tempat pertama kali Kim Nana ketemu sama Yoon Sung, yakni di Statue of Admiral Yi Sun-Shin yang di daerah Gwanghamun itu. Iconic banget macam bundaran HI di Jakarta. City Hunter adalah salah satu drama yang membekas buat gue karena ceritanya sungguh bagus dan yang main pun Lee Min Ho ya kan. Oke singkat cerita… Pokoknya selama jalan-jalan ke Korea yang gue inginkan adalah mengunjungi tempat-tempat yang dipake syuting drama yang gue tonton, termasuk gue tanya mau nekat ke rumahnya Kim Tan di The Heirs. Cuma yah jauh banget ternyata dari tempat gue nginep di Hongdae dan kalo lihat di google gue harus naik bus buat ke sana dan beberapa kali ganti subway. Daripada berabe nyasar karena naik bus di Korea ternyata sama susahnya kaya naik metromini atau kopaja di Jakarta. Rawan kesasar ya kan. Akhirnya kuurungkan niat ke sana. Anyway, dalam 10 hari stay di Seoul, ini beberapa tempat yang pernah jadi lokasi syuting yang gue lewatin dan kunjungi.

1.Statue of Admiral Yi Sun-Shin

Seperti yang gue bilang sebelumnya, tempat ini emang udah pengin banget gue kunjungi. Di saat itinerary kami berempat sudah selesai semua dan ada satu malam saat gue mau ke toko buku, Wina akhirnya ikut gue setelah urung ngejar Day6 yang mau tampil di suatu kampus, gue berdua Wina akhirnya ke tempat itu, Gwanghamun, Statue of Admiral Yi Sun-Shin. Pas banget di sana lagi ada acara lomba paduan suara ibu-ibu gitu karena memang dalam minggu itu lagi ada festival di sana. Tempatnya sama kok seperti yang dilihat di drama. Cuma kalo disuruh jelasin gimana cara ke sana gue sudah lupa. Hehehehe…

Ini adegan yang gue inget banget pas Kim Nana masih jadi sales dan Yoon Sung baru pulang dari Amerika. Makanya buat gue penting untuk ke sana juga hehehe…. And Voile. I was there….

2.Noryangjin Fish Market

Noryangjin Fish Market adalah salah satu pasar ikan terbesar di Seoul. Di sana dijual banyak ikan dan jenis seafood lainnya yang masih segar. Bahkan gue sama temen-temen gue beli gurita yang masih hidup di sana. Plus salmon yang masih segar buat dijadiin sashimi. Setelah beli salmon dan gurita kita lalu ke resto yang ada di lantai 2 untuk masak seafood yang udah kita beli tadi. Surprisingly hasil masakannya enak semua. Gue masih ingat gimana rasanya itu gurita yang ditumis pedas sama salmon sashiminya yang seger banget. Enak pokoknya. Ternyata pasar ikan tersebut sering juga dipake buat lokasi syuting. Salah satu yang pernah gue nonton adalah Running Man. Gue lupa episode berapa itu running man yang gamesnya lomba masak deh pokoknya. Mereka belanjanya di Noryangjin Fish Market.

3.Jembatan di Highreel Love Yourself BTS

Ini salah satu yang epic juga. Gue lupa banget stasiunnya apa namanya. Satu hal yang pasti pas gue lewatin jembatan itu gue belum kenal sama BTS dan layaknya jodoh pas gue pulang ke Jakarta, gue macam kepelet sama Boyband ini gegara satu foto Ansel Elgort di AMA dan mata gue menangkat the cutest one, Jungkook, yang duduk di ujung sambil ngemil. Mata gue langsung berbinar ketika lihat foto itu (Cerita ini bisa dilihat di postingan sebelumnya ). Nah, jembatan itu gue lewatin saat kami berempat mau ke Noryangjin Fish Market. Nggak ada kepikiran buat foto-foto banyak jadi gue jepret seadanya karena saat itu juga tempat itu nggak spesial buat gue. Namun, tara…. balik ke Jakarta gue nonton video ini dan gue langsung teriak, I was there!

Perhatikan baik-baik. Itu adalah jembatan yang sama dengan yang berikut ini gue foto…

Andaikan sebelumnya gue sudah jadi Army. Mungkin tiap sudut pasti gue abadikan pas lewat situ. 🙁

4.Perempatan Gangnam

Sudah telat sekali emang kalo gue baru nonton drama Gentlemen’s Dignity di tahun 2018 ini. Itu juga gue tonton karena ada di Netflix dan berhubung game Superstar BTS nggak bisa diupgrade pake akun apple Indonesia. Kesel kan. Yaudah akhirnya gue nonton deh tuh drama yang banyak direkomendasikan oleh orang-orang. Memang ceritanya bagus dan juga pemainnya walau sudah Om-Om masih terlihat HOT. Hehehe… Di salah satu episode, ada adegan dua karakter utama drama tersebut Kim Do Jin dan Seo Yi Soo berpapasan di Gangnam Intersection saat hujan-hujan. Gue mengingat kembali perjalanan gue menyusuri Gangnam September lalu. Tanpa di duga salah satu spot di perempatan Gangnam itu sepertinya berhasil gue capture. Berikut fotonya. Bisa jadi gue salah atau bener sih. Buat yang baca tulisan ini dan mendapati gue salah silakan komen yah. Gue juga akan cek kembali episode tersebut.

5.Sinsa-dong

Sepanjang jalan ini cafenya gemes-gemes. Banyak banget toko dengan barang-barang yang menggoda gue untuk beli. Mungkin kalo di Jakarta, daerah itu macam Kemang kali yah. Nah, di daerah itu katanya dulu jadi lokasi syutingnya Heartstring. Sinsa-Dong juga ga jauh dari Bukchon Hanok Village, yang mana memang isinya rumah-rumah tradisional Korea gitu. Cuma nggak tau deh yang mana yang dijadiin lokasi syutingnya Heartstring karena rumahnya keliatan sama semua. Oh, ya pas masih di Seoul, drama Temperature of Love baru tayang beberapa episode dan rute lari marathonnya di sekitar daerah sini juga loh. Ada beberapa tempat yang gue inget karena gue lewati pinggir jalannya. Hehehe….

 

Itu tadi lima tempat yang pernah jadi lokasi syuting beberapa drama yang gue tonton yang gue lewatin saat gue ke Korea. Tak menyangka gue bisa menginjak tanah yang sama yang pernah idol dan aktor kesukaan gue injak juga. Lebay yah?! But seriously gue se-excited itu. Seoul memang punya magnetnya sendiri, entah kenapa gue selalu ingin balik ke sana lagi. Setiap detik di sana begitu berharga. Di mana-mana banyak banget hal yang menarik. Termasuk saat gue jalan-jalan malam hari di hari Jumat, begitu ramai pasangan yang pake baju kembaran dan juga begitu banyak cowok yang ngasih buket bunga ke ceweknya. Seoul itu romantis dan manis seperti yang tampil di setiap drama Korea. Aslinya memang orang-orangnya seperti itu. Jujur berekspresi dan menarik deh pokoknya. Walau satu yang disayangkan di sana nggak ada tukang bakso. Hehehe… 

Oya, salah satu lagi hal yang melengkapi keberuntungan saat gue jalan-jalan di Gangnam. Temen gue ngajak ngemil di Midnight in Seoul. Ternyata cafe itu adalah punya salah satu idol, Jokwon 2AM. Gue bukan fansnya dia tapi sungguh beruntung saat kami ke sana dia ada dan bersedia untuk difoto. Mungkin jadi salah satu hal yang langka buat penggemas Kpop Idol. Y.O.L.O kalo kata orang-orang. Harus dimanfaatkan setiap detiknya. Dan gue berharap di tahun ini gue bisa kembali lagi ke sana. I miss you already Seoul.

 

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply